Hukum Kaum Muslimin Merayakan Maulid Nabi


Oleh : Asy-Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz rahimahullah

Pertanyaan :

هل يحل للمسلمين أن يحتفلوا في المسجد ليتذكروا السيرة النبوية الشريفة في ليلة 12 ربيع الأول بمناسبة المولد النبوي الشريف بدون أن يعطلوا نهاره كالعيد؟ واختلفنا فيه ، قيل : بدعة حسنة ، وقيل : بدعة غير حسنة.

Apakah boleh bagi kaum muslimin merayakan (Maulid Nabi) di masjid untuk mengingatkan sirah (sejarah) nabi yang mulia pada malam 12 Rabiul Awal dimana malam tersebut bertepatan dengan kelahiran Nabi yang mulia. Dan kami juga mendapati perbedaan pendapat tentang hukumnya, ada yang mengatakan bid'ah yang baik ada juga yang mengatakan bidah yang jelek? 

Jawab :

ليس للمسلمين أن يقيموا احتفالا بمولد النبي ﷺ في ليلة 12 ربيع الأول ولا في غيرها ، كما أنه  ليس لهم أن يقيموا اى إحتفال  بمولد غيره عليه الصلاة والسلام

Tidak boleh bagi kaum muslimin memperingati perayaan maulid (kelahiran) Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam baik pada malam 12 Rabiul Awal maupun pada waktu-waktu selainnya. Sebagaimana juga tidak bolehnya bagi kaum muslimin  merayakan kelahiran (ulang tahun) selain  Nabi  'Alaihish Shalaatu wa Sallam

؛ لأن الاحتفال بالموالد من البدع المحدثة في الدين ؛ 

Karena perayaan maulid  (kelahiran/ulang tahun) termasuk bid'ah (ajaran baru) yang diada -adakan di dalam agama. 

لأن النبي ﷺ لم يحتفل بمولده في حياته ﷺ وهو المبلغ للدين والمشرع للشرائع عن ربه سبحانه ولا أمر بذلك ، 

Dimasa hidupnya, Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam tidak pernah merayakan maulid (ulang tahunnya) padahal Beliaulah yang menyampaikan agama ini, Beliaulah yang menetapkan syariat dari syariat-syariat yang datang dari Rabb (Tuhan)nya. Dan Beliau Shallallahu 'Alaihi wa Sallam tidak pernah memerintahkan untuk merayakan Maulid (ulang tahun) kelahirannya.  

ولم يفعله خلفاؤه الراشدون ولا أصحابه جميعا ولا التابعون لهم بإحسان في القرون المفضلة ؛

(Perayaan maulid) tidak pernah pula dilakukan oleh para Khalifah Ar Rasyidun (Abu bakar, Umar, Utsma dan Ali radhiallahu anhum), dan seluruh para shahabat tidak pernah melakukannya begitu pula orang - orang yang mengikuti mereka dengan baik dimasa kurun emas yang utama. 

فعلم أنه بدعة 

Maka (berdasarkan hal ini) dapatlah diketahui bahwa perayaan maulid itu adalah bid’ah (ajaran baru yang diada-adakan dalam agama). 

وقد قال ﷺ : (من أحدث في أمرنا هذا ما ليس منه فهو رد) متفق على صحته ،

Dan sungguh Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda :

"Barangsiapa yang mengada-adakan di dalam urusan agama kami ini yang tidak ada tuntunannya dari kami maka tertolak". (Hadits disepakati keshahihannya) 

وفي رواية لمسلم وعلقها البخاري جازما بها : (من عمل عملا ليس عليه أمرنا فهو رد) .

Dan didalam riwayat Muslim yang Imam Bukhari meriwayatknnya secara mu'allaq, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda :

(Barangsiapa yaang mengamalkan suatu amalan yang tidak ada tuntunannya dari kami maka tertolak

والاحتفال بالموالد ليس عليه أمر النبي ﷺ بل هو مما أحدثه الناس في دينه في القرون المتأخرة فيكون مردودا ، 

Maka  perayaan Maulid Nabi bukanlah perintah Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bahkan hal itu adalah sesuatu yang diada-adakan di dalam agama ini oleh orang-orang belakangan sehingga menjadilah perayan maulid itu ditolak (tidak akan diterima disisi Allah Ta'ala).  

وكان -عليه الصلاة والسلام- يقول في خطبته يوم الجمعة (أما بعد : فإن خير الحديث كتاب الله ، وخير الهدي هدي محمد ﷺ ، وشر الأمور محدثاتها ، وكل بدعة ضلالة) رواه مسلم في صحيحه ، وأخرجه النسائي بإسناد جيد وزاد  (وكل ضلالة في النار).

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam senantiasa mengucapkan dalam khutbahnya pada hari jumat

: "Amma ba'd (adapun setelah itu), maka sebaik-baik perkataan adalah kitabullah dan sebaik - baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam dan sejelek-jelek perkara adalah yang diada-adakan dalam agama ini, dan setiap bid'ah adalah sesat. (Hadits Riwayat Muslim dalam Shahihnya dan dikeluarkan juga oleh Al Imam An Nasaa'i dengan sanad yang Jayyid (baik) dan Beliau menambahkan "Setiap kesesatan di neraka". 

ويغني عن الاحتفال بمولده تدريس الأخبار المتعلقة بالمولد ضمن الدروس التي تتعلق بسيرته -عليه الصلاة والسلام ، وتاريخ حياته في الجاهلية والإسلام في المدارس والمساجد وغير ذلك ، من غير حاجة إلى إحداث احتفال لم يشرعه الله ولا رسوله ﷺ ولم يقم عليه دليل شرعي. 

Oleh karena itu, cukuplah mempelajari khabar khabar dari Beliau Shallallahu 'Alaihi wa Sallam berkaitan dengan kelahiran beliau, pelajaran yang berkaitan dengan sirah kehidupan Beliau, sejarah kehidupan Beliau di masa jahiliyyah dan di masa Islam baik di madrasah-madrasah (sekolah atau di pondok pesantren), di masjid-masjid maupun selainnya. Tidak perlu dan tidak butuh untuk dirayakan dengan acara yang tidak disyariatkan oleh Allah dan RasulNya, yang tidak tegak di atasnya dalil yang syar'i

والله المستعان ، ونسأل الله لجميع المسلمين الهداية والتوفيق للاكتفاء بالسنة والحذر من البدعة.

Dan hanya kepada Allah memohon pertolongan, kita memohon kepada Allah hidayah dan taufiqNya untuk seluruh kaum muslimin agar merasa cukup dengan sunnah dan mewaspadai dari Bid'ah (Majmu' Fatawa wa maqaalaat Asy Syaikh Ibnu Baaz hal 289) 

Wallahu'alam

Posting Komentar

0 Komentar